Refinancing Hutang Korporasi Karena Bunga Yang Kemahalan




Bagi para pengusaha,  CEO dan CFO, sangat penting memperhatikan cost of fund. Cari loan korporasi dengan tingkat bunga yg lebih murah dan segera cari sumber lain untuk refinancing kalau bunga kemahalan.

Sekedar, contoh, kalau kita ajukan loan korporasi Rp Rp 300 M, tingkat bunga 12% per tahun selama 5 tahun, total bunga menjadi Rp 180 M dan total pinjaman yg harus dibayar Rp 480 M.

Namun kalau dapat loan dengan bunga hanya 9%/tahun, maka pinjaman Rp 300 M itu, bunga selama 5 tahun menjadi hanya Rp 135 M, dan total loan Rp 435 M. Bedanya lebih dari Rp 40 M untuk 5 tahun. Kalau yang pinjamnya ke perusahaan leasing pasti jauh lebih mahal lagi cost of fund-nya.

Lalu bila pinjaman dalam USD, katakanlah pinjam USD 70 juta, selama 5 tahun dengan bunga 6%, maka total bunga yang harus dibayar selama 5 tahun sebesar US$ 23 juta. Jadi total pinjaman menjadi  US$ 92,3 juta.

Tapi kalau bunga bisa ditekan hanya 4%/tahun, maka total bunga selama lima tahun hanya US$ 14 juta sehingga total loan hanya menjadi US$ 84 juta. Dus, bedanya lebih dari USD 8 juta alias lebih dari Rp 100 M. Efisiensi yang siginifikan.

Bagi yang butuh info bank untuk refinancing pinjaman dengan rate yg lebih bersahabat, akan saya bantu. Baik dalam IDR maupun USD.    

Lebih baru Lebih lama